rss_feed

Desa Merbau

Jl. Lintas Pertiwi No.01 Pekon Merbau
Kecamatan Klumbayan Barat Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung
Kode Pos 35383

call 082338291294| mail_outline pekonmerbau123@gmail.com

Selamat Datang di Websate Resmi Pekon Merbau Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Menuju Desa Digitalisasi "SmartOpenSID" ( 082338291294 ) -- selengkapnya...PERSIAPAN PEMBINAAN PKK DARI KABUPATEN TANGGAMUS
fingerprint
Tupoksi dan daftar buku Register Desa Yang Wajib Ada Untuk Sekretaris desa, Kepala Urusa

date_range 13 Feb 2021 17:04:55 favorite 144 Kali

Pemdes mengenai Tupoksi dan buku administrasi desa atau yang lazim disebut buku register desa tidak bisa cukup berpedoman pada Permendagri nomor 47 tahun 2016, tetapi harus pula peraturan yang lain yang relevan dan dibutuhkan serta kreativitas berdasarkan kearifan lokal desa.

 

Berikut ini Tupoksi dan daftar buku Register Desa Yang Wajib Ada Untuk Sekretaris desa, Kepala Urusan & Kepala Seksi di Pemerintahan Desa.

  1. Sekretaris Desa

Tugas Dan Fungsi Sekretaris Desa

  • Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip dan ekspedisi.
  • Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasi aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  • Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga Pemerintahan desa lainnya.
  • Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan

Buku Register Sekretaris Desa meliputi ;

  • Buku Peraturan Di Desa;
  • Buku Keputusan Kepala Desa;
  • Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa.
  • Buku Aparat Pemerintah Desa;
  • Buku Cuti Aparat Pemerintah Desa
  • Buku Tanah Kas Desa;
  • Buku Tanah di Desa;
  • Buku Leter C Desa
  • Buku Rincik Desa
  • Buku Perubahan Hak Milik (Jual-beli, Hibah, Tukar Guling, Sewa)
  1. Kepala Urusan Umum dan Tata usaha

Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan Umum dan Tata usaha

Kepala urusan tata usaha dan umum memiliki fungsi seperti melaksanakan urusan ketatausahaan, tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi. Lalu penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor. Berikutnya, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.

Buku Register Kepala Urusan Umum dan Tata usaha meliputi ;

  • Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar;
  • Buku Ekspedisi;
  • Buku Inventaris dan Kekayaan Desa
  • Buku Tamu Umum
  • Buku Tamu Khusus
  • Buku Notulen Musyawarah
    • Buku Presensi Musyawarah
    • Buku Register Pelayanan Surat
    • Buku Disposisi Surat
    • Buku Presensi Dinas /Ceklock
    1. Kepala Urusan Keuangan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Urusan Keuangan

    Kepala urusan keuangan memiliki fungsi seperti melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa,

    Buku Register Kaur Keuangan meliputi ;

    • Buku Kas Umum;
    • Buku Kas Pembantu;
    • Buku Kas Pembantu Pajak.
    • Buku Bank Desa
    • Buku Kekayaan (Aset) Desa
    • Buku Data Penggunaan Aset Desa
    • Buku Data Aset Desa Yang Dihapus
    • Buku Data Aset Desa
    • Buku Bagi Hasil Desa
    • Buku Daftar Siltap, Tunjangan dan Perjalanan Dinas
    • Buku SPJ Insentif, dan Tunjangan BPD
    • Buku SPJ Honorarium LKD
    • Buku Dokumen SPJ Kegiatan
    1. Kepala Urusan Perencanaan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Urusan Perencanaan

    Kepala urusan perencanaan memiliki fungsi mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan

    Buku Register Kepala Urusan Perencanaan meliputi ;

    • Buku RPJMDes
    • Buku RKPDes
    • Buku APB Desa;
    • Buku Rencana Anggaran Biaya;
    • Buku Dokumen Rencana Kegiatan
    1. Kepala Seksi Pemerintahan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Seksi Pemerintahan

    • Melaksanakan Manajemen Tata Praja Pemerintahan
    • Menyusun Rancangan Regulasi Desa
    • Pembinaan Masalah Pertanahan
    • Pembinaan Ketentraman Dan Ketertiban
    • Pelaksanaan Upaya Perlindungan Masyarakat
    • Kependudukan
    • Penataan dan Pengelolaan Wilayah
    • Pendataan dan Pengelolaan Profil Desa

    Buku Register Kepala Seksi Pemerintahan meliputi ;

    • Buku Induk Penduduk;
    • Buku Mutasi Penduduk Desa;
    • Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk;
    • Buku Penduduk Sementara; dan
    • Buku Kartu Tanda Penduduk dan Buku Kartu Keluarga.
    • Buku Kartu Keluarga
    • Buku Profil Desa
    • Buku Profil RT, RW, dan Dusun
    • Buku Data dan Kegiatan Siskamling.
    • Buku Data Catatan Kejadian.
    • Buku Data Ijin Keramaian
    • Buku Data dan Kegiatan Lingkungan Hidup.
    • Buku Data Nikah Talak Cerai Rujuk (NTCR)

    Kepala Seksi Kesejahteraan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Seksi Kesejahteraan

    • Melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan
    • Pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olah raga dan karang taruna

    Buku Register Kepala Seksi Kesejahteraan meliputi ;

    • Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat.
    • Buku Kegiatan Pembangunan;
    • Buku Inventarisasi Hasil-hasil Pembangunan;
    • Buku Kegiatan Pelatihan Pemdes / BPD / LKD
    • Buku Kegiatan LKD
    • Buku Data Usaha Ekonomi Masyarakat
    • Buku Data Pertanian
    • Buku Data Peternakan

    Kepala Seksi Pelayanan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Seksi Pelayanan

    • Melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat.
    • Meningkatkan upaya partisipasi masyarakat.
    • Pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, Keagamaan, dan ketenagakerjaan

    Buku Register Kepala Seksi Pelayanan meliputi ;

    • Buku Data Pengurus LKD (LPM, PKK, Kartar, RT, RW, Gapoktan, HIPPA, Linmas)
    • Buku Data Profil Lembaga Pendidikan dan Kursus serta TPQ dan Diniyah
    • Buku Data Profil Kesehatan Masyarakat,
    • Buku Data Profil Ormas,
    • Buku Data Profil Orpol
    • Buku Data Profil Organisasi Pemuda.
    • Buku Data Profil Perempuan
    • Buku Data Profil LSM
    • Buku Data Profil Pokmas
    • Buku Data Kegiatan Lembaga Pendidikan
    • Buku Data Kegiatan Kesehatan Masyarakat
    • Buku Data Kegiatan Ormas, Orpol, Ormuda, Orpuan, LSM, Pokmas
    • Buku data Tuna Sosial (Disabilitas)
    • Buku Data Residivis

    Kepala Dusun atau Kewilayahan

    Tugas Dan Fungsi  Kepala Dusun atau Kewilayahan

    • Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
    • Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
    • Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
    • Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

    Buku Register Kepala Dusun atau Kewilayahan meliputi ;

    • Buku Data dan Kegiatan Pemerintahan di wilayahnya.
    • Buku Data dan Kegiatan Pembanguan di wilayahnya.
    • Buku Data dan Kegiatan Pembinaan Kemasyarakatan di wilayahnya.
    • Buku Data dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di wilayahnya.

    Note Penting :

    • Bahwa format administrasi ini berpedoman pada Permendagri nomor 47 tahun 2016
    • Bahwa format administrasi ini juga berpedoman pada Permendagri nomor 1 tahun 2016
    • Bahwa sebagian format administrasi ini berdasarkan kreatifitas penulis.
    • Bahwa sebagian format administrasi ini disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.
    • Bahwa pengguna format ini masih terbuka untuk menambah sesuai dengan kebutuhan desa.
    Demikianlah sedikit pembahasan, semoga bermanfaat salam perangkat desa seluruh indonesia. Merdesa!! sumber ; Simpledesa.com

#smartvillage

#smartvillagelampung

#smartvillagetanggamus

#smartvillagemerbau

#smartqomiti

 

Berikut Contoh Buku administrasi nya Bisa di unduh Dibawah Ini :

 

 

Buku Administrasi Sekdes

339.26 KB
cloud_download Download
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Lintas Pertiwi No.01 Pekon Merbau
Desa : Merbau
Kecamatan : Klumbayan Barat
Kabupaten : Tanggamus
Kodepos : 35383
Telepon : 082338291294
Email : pekonmerbau123@gmail.com

share Sinergi Program

message Komentar Terkini

  • person WATI

    date_range 31 Desember 2020 09:57:06

    gmn dapter umkm uda lama nyampe skrang blom ada kabar padahal ibu aku uda janda jualan sayuran keliling jalan kaki ada juga warung kecil kecilan..tolong yang bntuan UMKM di desa way ilahan kec pulau panggung tolong di cek atau di tindak lanjutin
  • person susila

    date_range 12 November 2020 19:37:16

    kerennnn...... mantap pak. bisa jadi contoh dan motivasi bagi kita-kita penggiat sinergi OpenSID.

insert_photo Galeri Foto

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Desa

reorder Peta Desa

<

reorder CUACA

booked.net

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:197
Kemarin:276
Total Pengunjung:73.796
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.192.10.166
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel


reorder ANIMASI PROFIL DESA PEKON MERBAU

  • TASRUDIN

    Kepala Pekon

  • WARSIYAM

    Sekertaris Pekon

  • MIFTAHUL FIRDAUSY

    KAUR PERENCANAAN

  • KOMARULLOH

    Kaur Keuangan

  • PRIO SUJONO

    KASI KESEJAHTERAAN

  • LIAUDIN

    KASI PEMERINTAHAN

  • AHMAD DIMYATI

    KAUR TATA USAHA DAN UMUM

  • JUMIATI

    KASI PELAYANAN

  • DALIMAN

    KEPALA DUSUN I

  • KEPALA DUSUN II

  • KEPALA DUSUN III

  • KEPALA DUSUN IV

  • STAF

  • STAF

  • RT I MERBAU

  • RT II MERBAU

  • RT IIII MERBAU

  • RT I MARGASARI

  • RT II MARGASARI

  • RT III MARGASARI

  • RT I PURWODADI

  • RT I GUNUNG SARI

  • RT II GUNUNG SARI

  • Operator SID

settings Pengaturan Layar

insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 0 | Rp. 1,206,736,891
0 %
BELANJA
Rp. 0 | Rp. 1,206,736,891
0 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 0 | Rp. 3,000,000
0 %
Dana Desa
Rp. 0 | Rp. 918,704,000
0 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 19,187,913
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 0 | Rp. 265,844,978
0 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 0 | Rp. 288,632,891
0 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 0 | Rp. 591,898,000
0 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 0 | Rp. 15,000,000
0 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 0 | Rp. 117,206,000
0 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 0 | Rp. 194,000,000
0 %